TIPS DAPUR HAKIKI
This news is posted at 30 October 2014

Tips & Trik Membuat Roti Menjadi Awet dan Tahan Lama


Hakiki-Selain nasi, salah satu makanan pokok bangsa Indonesia adalah roti. Kandungan gizinya yang tinggi, sifatnya yang mengenyagkan serta rasa yang beraneka ragam, membuat roti menjadi makanan sepanjang masa. Sayangnya, roti bukanlah makanan yang bisa bertahan lama. Roti bisa dengan mudah mengeras dan kehilangan volumenya, selain itu roti juga rawan dengan jamur. Tanpa menggunakan bahan pengawet, berikut ini adalah tips dan trick agar roti anda menjadi awet dan tahan lama:

1. Pastikan bahan, peralatan dan kemasan roti sudah higienis
Anda harus memastikan semua yang berhubungan dengan roti anda dalam keadaan bersih, sehingga roti anda tidak mengandung benih jamur maupun bakteri . Untuk perlindungan pada peralatan memanggang, gunakan Palm Centrate Oles Loyang, yang sekaligus dapat menjaga roti anda supaya tidak lengket dengan loyangnya.

2. Pastikan tangan dalam keadaan bersih
Cucilah tangan anda sebelum mulai menguleni adonan, serta gunakan sarung tangan khusus yang higienis. Hal ini bertujuan menghindari bakteri atau jamur yang berasal dari tangan menempel pada roti.

3. Gunakan masker untuk menutup hidung dan mulut
Sebaiknya ada menggunakan masker dari awal proses pembuatan roti, karena akan menghindarkan jamur/bakteri dari tubuh menempel pada roti.

4. Bungkus roti dalam keadaan dingin
Panasnya roti dapat menyebakan pembusukan yang lebih cepat. Maka masukkan roti dalam keadaan dingin kedalam plastik pembungkus. Perlu anda ketahui, plastik pembungkus bertujuan menjaga kesegaran dan kelembaban roti , sehingga membuat roti lebih awet.

5. Pastikan roti tidak berkeringat setelah dibungkus
Roti yang berkeringat akan membuat jamur mudah tumbuh, sehingga menyebabkan roti menjadi mudah membusuk.

back